Bawaslu Tegaskan Pemilu 2019 Damai, Melalui Deklarasi Taman Kartini

Written by on 2 October 2018

Bawaslu Tegaskan Pemilu 2019 Damai, Melalui Deklarasi Taman Kartini

Berbagai unsur pemerintahan hingga masyarakat  yang diwakili oleh komunitas – komunitas dan tokoh lintas agama, kembali mendeklarasikan pemilu damai tahun 2019, Senin lalu, 1 oktober 2018 di Taman Kartini, kompleks Arpusda Wonosobo.

 

Acara yang diprakarsai oleh Bawaslu tersebut, disaksikan langsung Bupati Wonosobo Eko Purnomo, serta seluruh anggota bawaslu tingkat kecamatan.

 

Menurut ketua Bawaslu Kabupaten Wonosobo Sumali Ibnu Chamid, kegiatan yang diawali dengan tarian kreasi Tolak Hoax, Money Politic, Serta dukungan Pemilu damai, dan pagelaran Band Alphablopo tersebut, mempunyai makna budaya masyarakat wonosobo yang sekuler, sehingga harus menyatukan perbedaan menjadi sebuah kedamaian.

 

Selain itu, deklarasi tersebut juga dilakukan sebagai komitmen bersama, untuk menjaga kedamaian serta tanpa kecurangan dalam pemilu mendatang.

 

Dalam Kesempatan tersebut, Sumali mengajak masyarakat untuk secara cerdas menangkal berita hoax, serta mau melaporkan seluruh bentuk kecurangan yang ditemui kepada bawaslu, agar ditindaklanjuti secara lebih mendalam.

Sumali menambahkan, bawaslu Wonosobo telah melakukan pencegahan kecurangan, dengan menerjunkan anggota panwaslu hingga tingkat desa, menggunakan strategi 1 anggota mengawal 20 masyarakat, serta melakukan sosialisasi dan pendampingan.

 

Dalam kesempatan deklarasi tersebut, juga dibagikan buku khotbah lintas agama, agar potensi terjadinya kecurangan serta politik menggunakan provokasi SARA dapat dicegah. (Rob)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Continue reading

Previous post

Jumat


Pesona FM Wonosobo

Pesona FM Wonosobo

Current track
TITLE
ARTIST