TP PKK KELURAHAN GARUNG AJAK MASYARAKAT MANFAATKAN SAMPAH

Written by on 11 October 2018

TP PKK KELURAHAN GARUNG AJAK MASYARAKAT MANFAATKAN SAMPAH

 

 

 

Sampah merupakan permasalahan yang sering muncul di masyarakat. Sampah yang menumpuk tidak hanya menimbulkan kesan kotor, tetapi juga dapat menimbulkan beberapa penyakit. Dengan permasalahan tersebut, TP PKK Kelurahan Garung menggelar pelatihan pengelolaan sampah, di Gedung PKK Kelurahan Garung, pada Rabu 10 Oktober 2018.

 

 

Ketua TP PKK Kelurahan Garung Indarti mengatakan, meskipun sampah berpotensi menimbulkan masalah namun jika dikelola dengan baik, maka akan diperoleh dampak yang positif, bahkan dapat nilai ekonomi bagi masyarakat. Indarti menambahkan, pelatihan tersebut diikuti tidak kurang dari 50 peserta perwakilan dari masing-masing RW di Kelurahan Garung.

 

 

Selain itu Indarti menyebutkan, pihaknya mencoba menggali potensi masyarakat. Terutama kalangan ibu-ibu, memanfaatkan bahan plastik kresek di dapur untuk dijadikan karya seni. Alat dan bahan yang digunakan mudah di dapat, yakni plastik kresek bekas, gunting dan lem, tapi sebelum dibuat kerajinan, kantong kresek lebih dulu disetrika kemudian dibentuk bunga dan bros. Namun demikian, pada kegiatan ini yang lebih inti bukan bagaimana masyarakat harus pandai membuat kerajinan. Namun mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan barang bekas atau sampah, melalui sistem 3R yaitu reuse, reduce, dan recycle. Indarti berharap, masyarakat sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, dan dapat memiliki kemampuan mengolah sampah menjadi barang bernilai ekonomis.(Ris)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Continue reading

Previous post

Jumat


Pesona FM Wonosobo

Pesona FM Wonosobo

Current track
TITLE
ARTIST