Dekatkan Perpustakaan ke Masyarakat, Perpusda Membuat Sejumlah Terobosan

Written by on 22 December 2018

Dekatkan Perpustakaan ke Masyarakat, Perpusda Membuat Sejumlah Terobosan

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah atau Dinarpusda Kabupaten Wonosobo, berupaya menjadikan perpustakaan sebagai pusat kegiatan masyarakat, baik untuk ajang berkreasi maupun sarana bermanfaat lainnya.

Kepala Dinarpusda Wonosobo, Eko Yuwono mengungkapkan, sebagai upaya mendekatkan masyarakat Wonosobo ke perpustakaan, pihaknya ke depan akan bekerjasama dengan berbagai komunitas, yang bergerak di bidang seni budaya dan ekonomi kreatif. Eko menambahkan, untuk merepresentasikan fungsi sesuai dengan Undang Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, pihaknya akan semaksimal mungkin mewujudkan perpustakaan sebagai pusat informasi, pusat rekreasi, pelestarian dan masyarakat difasilitasi agar merasa nyaman berkegiatan di perpustakaan.

Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan Dinarpusda Wonosobo, Bambang Wen, untuk menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang diminati masyarakat, pihaknya akan melakukan pembenahan sarana prasarana dan layanan. Pada tahun 2018, pihaknya sudah menyusun DED penataan ruang layanan perpustakaan dan pembuatan panggung literasi yang representatif. Pembenahan sarana antara lain penataan layout layanan, penambahan ruang seperti kantin, mushola yang representatif, dan pembenahan ruang audio visual yang akan dilakukan pada tahun 2019, dan untuk pendirian panggung literasi juga akan dilaksanakan pada tahun 2019, mengingat Wonosobo belum memiliki ruang apresiasi seniyang memadai, baik out door maupun in door.

Eko Yuwono berharap, kedepan akan ada kegiatan lain, yang lebih kreatif dan inovatif yang digelar di perpustakaan.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pesona FM Wonosobo

Pesona FM Wonosobo

Current track
TITLE
ARTIST