TERIMA BANTUAN 90 KAMBING DARI AUSTRALIA , KADES BURAT INGINKAN DESANYA JADI SENTRA KAMBING WONOSOBO

Written by on 27 December 2018

TERIMA BANTUAN 90 KAMBING DARI AUSTRALIA , KADES BURAT INGINKAN DESANYA JADI SENTRA KAMBING WONOSOBO

Salah satu desa di ujung perbatasan Kabupaten Wonosobo dengan Kabupaten Purworejo yaitu Desa Burat Kecamatan Kepil, berencana untuk membuat desa wisata sentra ternak kambing berbasis modern. Hal itu diungkapkan Kepala Desa Burat Gunawan, disela kegiatan monitoring bantuan 90 kambing dari salah satu yayasan kemanusiaan asal Australia.

Gunawan menyebut, dari bantuan yang diterima desa berupa kambing, pihaknya berencana mengembangkan potensi peternakan kambing menjadi wisata ternak. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan geografis wilayah kepil yang hangat dan cocok untuk perkembangbiakan kambing. Gunawan mengungkapkan, nantinya peternak desa akan diberikan pelatihan tentang pengelolaan ternak secara kekinian, sehingga dapat mendukung rencana destinasi wisata yang menarik masyarakat.

Selain itu Gunawan menambahkan, di desa yang memiliki 6 dusun tersebut, masing-masing dusun telah memiliki kelompok ternak kambing. Sehingga untuk mencapai desa peternak satu sudah langkah tercapai. Gunawan optimis apabila kelompok ternak tersebut dikelola dengan baik, tidak menutup kemungkinan desa yang juga terkenal dengan potensi durian dan kayu albasia tersebut, dapat dikenal sebagai kampung kambing.

Gunawan melanjutkan, rencana tersebut telah pihaknya koordinasikan dengan Dinas terkait seperti Dinas Peternakan. Diharapkan, Dinas Peternakan dapat memberikan pelatihan maupun sosialisasi tentang apa yang harus dilakukan menuju desa sentra kambing. (Rob)

Kamis, 27 Desember 2018


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pesona FM Wonosobo

Pesona FM Wonosobo

Current track
TITLE
ARTIST