SULAP SAMPAH PLASTIK JADI PAVING

Written by on 30 April 2019

SULAP SAMPAH PLASTIK JADI PAVING
.
.
.
Pengelolaan sampah paripurna di Desa Kalimendong, Kecamatan Leksono patut di acungi jempol. Seluruh masyarakat turut andil menciptakan lingkungan yang bersih. Bahkan setiap rumah di desa tersebut memiliki sedikitnya 2 tong sampah, untuk sampah organik dan anorganik. Bank Sampah Amanah milik Desa Kalimendong yang dikelola masyarakat sekitar menerima setoran sampah dari masyarakat setiap hari minggu, sampah yang dikumpulkan kemudian ditimbang dan akan dihargai setiap kilonya. Hasil yang didapatkan nantinya akan masuk ke rekening masing-masing. Sampah yang ada akan diolah sesuai dengan jenisnya, untuk sampah berupa botol minum dan juga gardus. pihak pengelola akan menjualnya ke pengepul sampah.

Kepala Desa Kalimendong, Sugito menyampaikan desanya juga memiki lahan berupa galian yang dimanfaatkan masyarakat untuk membuang sampah organik. Sampah organik tersebut diolah untuk dijadikan kompos tanah. Sedangkan sari kompos tersebut menjadi pupuk cair yang dimanfaatkan masyarakat dan juga bisa diperjual belikan. Lahan tersebut pihaknya berinama Bapak Asuh Sampah.
Selain sampah organik, pengolahan sampah anorganik juga dilakukan secara maksimal. Uniknya sampah berupa plastik di Desa Kalimendong bisa disulap menjadi paving yang bermanfaat dan memiliki nilai guna. Pengelola Bank Sampah Amanah akan memproduksi paving setelah sampah plastik terkumpul sebanyak 2 kwintal. Sampai saat ini paving tersebut belum diperjualbelikan dan belum diproduksi dalam jumlah banyak. Sugito menyampaikan untuk kedepanya apabila ada yang membutuhkan akan diproduksi skala besar serta diperjualbelikan. Akan tetapi bagi Sugito yang terpenting bukanlah nilai jualnya, akan tetapi pengolahan sampah secara tuntas adalah prioritasnya. (faz)
.
.
.
#pesonafmwonosobo #pesona07 #pesona12 #pesona16 #pesona21 #wonosoboku #wonosobozone #wonosobo #dnowsbnet


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pesona FM Wonosobo

Pesona FM Wonosobo

Current track
TITLE
ARTIST