PKH TURUT ANDIL DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN DI KABUPATEN WONOSOBO

Written by on 17 May 2019

PKH TURUT ANDIL DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN DI KABUPATEN WONOSOBO


Hingga Mei 2019 setidaknya sebanyak 1.600 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) PKH (Program Keluarga Harapan) Kementrian Sosial Republik Indonesia di Kabupaten Wonosobo telah berhenti mendapatkan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan. Sebanyak 345 diantaranya menyatakan mengundurkan diri secara graduasi dari kepesertaan karena merasa sudah mandiri dan mampu secara ekonomi sehingga tidak ingin bergantung pada bantuan. Seperti yang disampaikan Koordinator PKH Kabupaten Wonosobo Yosi Gita Perdana pada Kamis 16 Mei 2019, bahwa KPM yang mengundurkan diri tersebut membuat surat pernyataan bermaterai yang diketahui oleh pendamping dan Kepala Desa.

Dengan adanya Graduasi ini Yosi bersyukur, artinya Pendamping PKH berhasil melakukan pendampingan dan pemberdayaan pada Keluarga Miskin Penerima Manfaat dengan merubah pola pikir melalui kegiatan Family Development Session (FDS) maupun P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga). Dalam kegiatan tersebut pendamping menyampaikan materi pertemuan salah satunya tentang pengelolaan keuangan dan bagaimana cara memulai usaha. Selain itu motivasi dari Pendamping PKH juga sangat berpengaruh terhadap kepercayaan diri Keluarga Miskin untuk beranjak menjadi Keluarga Sejahtera. Salah satu contohnya ibu Suminah dari Kecamatan Sukoharjo yang berani memulai usaha meski berawal dari menjual gorengan dan sosis dengan ala kadarnya didepan rumahnya, kini Ia sudah membuka Warung Kelontongan.

Yosi berharap dan optimis bahwa PKH turut andil dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Wonosobo, dengan semakin banyaknya Keluarga Miskin Penerima Bantuan Sosial yang Keluar dari kepesrtaan PKH maka setidaknya dapat menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Wonosobo, dari peringkat 35 Kabupaten termiskin Se-Jateng paling tidak naik ke peringkat 20 besar. (Mit)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pesona FM Wonosobo

Pesona FM Wonosobo

Current track
TITLE
ARTIST