KURANGNYA PASOKAN JADI PENYEBAB MEROKETNYA HARGA CABAI MERAH KERITING

Written by on 11 July 2019

KURANGNYA PASOKAN JADI PENYEBAB MEROKETNYA HARGA CABAI MERAH KERITING

Pasar – Harga komoditas cabai mengalami lonjakan tinggi di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Wonosobo. Berkurangnya pasokan akibat kekeringan di musim kemarau dan dimulainya tanam tembakau, menjadi penyebab lonjakan harga komoditas tersebut.

Salah seorang pengepul cabai di Pasar tradisional, Sri Hariyani mengatakan, harga cabai merah keriting atau besar kini tembus 50 ribu rupiah perkilogram naik dari harga normalnya yakni 30 ribu rupiah perkilogram. Sri menambahkan, kenaikan harga cabai sudah berlangsung selama beberapa minggu terakhir. Menurutnya, harga cabai tidak pernah bisa ditebak, sebab banyak faktor yang bisa menaik atau menurunkan harga cabai.

Sri menyebutkan, selain cabai merah besar, kenaikan harga juga terjadi pada cabai rawit merah. Saat ini, harga cabai rawit merah naik dari 30 ribu perkilogram menjadi 40 ribu perkilogram. Walaupun harga komoditas naik, namun untuk harga cabai hijau justru mengalami penurunan, saat ini berkisar 35 ribu rupiah perkilogram.

Sri berharap, untuk meningkatkan kesejahteraan petani harus ada sistem penjadwalan penanaman yang lebih baik lagi dari pemerintah. Seperti penyuluh pertanian betul-betul hadir untuk mendamĀ­pingi petani agar permintaan pasar dan hasil produksi usaha bertani bisa seimbang. Berimbangnya hasil produksi petani dan permintaan pasar harga akan tetap stabil. (Ris)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pesona FM Wonosobo

Pesona FM Wonosobo

Current track
TITLE
ARTIST