MASYARAKAT BERSIH HOAX LEWAT APLIKASI

Written by on 11 July 2019

MASYARAKAT BERSIH HOAX LEWAT APLIKASI

Saat ini masyarakat bisa terhindar dari berita palsu atau hoax lewat satu buah aplikasi keren karya pemuda Wonosobo. Hoax seolah menjadi penyakit baru yang timbul di media sosial dan berdampak bagi kehidupan nyata. Masyarakat sudah sepatutnya berhati-hati dan perlu mewaspadai berita yang provokatif dan belum jelas kebenaranya. Maka dari itu terciptalah satu buah aplikasi anti hoax bernama Hoax Buster Tools atau biasa disebut HBT.

Aplikasi tersebut merupakan karya pemuda Wonosobo yang berhasil menjadi aplikasi rujukan tingkat Nasional. Selain itu komunitas anti hoax juga berhasil dibentuk yaitu Masyarakat Anti Fitnah Indonesia atau MAFINDO.

Koordinator Komunitas Mafindo Wonosobo, Astin Meiningsih mengatakan aplikasi HBT telah bekerjasama dengan mesin pencari berita terbesar yaitu Google. Bahkan ketika pengguna mencari informasi tertentu, maka berita yang muncul merupakan berita dari media yang sudah terferifikasi.

Lewat aplikasi tersebut pengguna juga dapat berperan aktif untuk melaporkan berita hoax yang ditemukan. Selain itu aplikasi HBT dapat memberikan informasi berkaitan tema tertentu dan menginformasikan mana berita yang salah dan benar. Pengguna juga akan dimudahkan dengan pengecekan video dan foto untuk melihat apa hal tersebut benar atau sekedar berita bohong. Harapannya dengan munculnya aplikasi tersebut masyarakat dapat menjadi lebih bijak dalam menggunakan media sosial.

Kedepannya perpecahan dan perselisihan yang terjadi karena adanya berita hoax dapat dihilangkan dan masyarakat tidak resah sebab munculnya berita yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. (Faz)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pesona FM Wonosobo

Pesona FM Wonosobo

Current track
TITLE
ARTIST