TAHUN 2019, DINAS ARPUSDA WONOSOBO TARGETKAN 60 PERPUSDES

Written by on 11 July 2019

TAHUN 2019, DINAS ARPUSDA WONOSOBO TARGETKAN 60 PERPUSDES

Upaya dalam memberikan akses informasi yang sama kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya Wonosobo, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah atau Arpusda Kabupaten Wonosobo pada tahun 2019 menargetkan penambahan 60 unit perpustakaan desa atau Perpusdes. Penambahan Perpusdes merupakan kelanjutan dari program perpusnas yang bekerja sama dengan program Perpuseru.

Kepala Dinas Arpusda Kabupaten Wonosobo, Eko Yuwono menjelaskan, sebagai tindak lanjut program perpusnas, setiap kabupaten atau kota dapat meniru atau mereplikasi model perpusseru yang bersifat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Pada tahun 2018 di Wonosobo sudah mulai mereplikasi ada 19 perpusdes dan di targetkan pada tahun 2019 akan mereplikasi 60 perpusdes. Jika dilihat dari jumlah desa se kabupaten Wonosobo, sebanyak 26 Perpusdes yang ada sekarang dirasa masih kurang.

Eko menambahkan, pihaknya juga akan terus mendorong pemerintah desa atau masyarakat untuk mengembangkan model perpustakaan seperti Perpusdes, taman bacaan atau sejenisnya.

Terkait dengan pengeluaran, Perpusdes bisa di fasilitasi dengan pelatihan pengelolaan perpustakaan dan untuk buku akan difasilitasi dari Perpustakaan Nasional atau Perpusnas.

Selain itu, Eko menyebutkan, Untuk mendirikan dan memajukan sebuah perpustakaan desa harus ada kerjasama baik itu tokoh masyarakat, PKK desa atau kelurahan, kelompok tani, maupun komunitas masyarakat lain di desa setempat, sehingga mampu merangsang minat baca masyarakat dengan suasana riang.

Selain itu, koleksi buku juga harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan desa, sehingga buku yang dipinjamkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Eko berharap program tersebut dapat terealisasi sesuai yang ditargetkan. (Ris)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pesona FM Wonosobo

Pesona FM Wonosobo

Current track
TITLE
ARTIST