SEMAKIN LANGKA, REMPAH KEMUKUS KAYA MANFAAT, PUNYA HARGA PASAR TINGGI

Written by on 17 July 2019

SEMAKIN LANGKA, REMPAH KEMUKUS KAYA MANFAAT, PUNYA HARGA PASAR TINGGI
Kemukus adalah salah satu rempah khas Indonesia yang banyak terdapat di Pulau Jawa begitu juga di Wonosobo.
Kemukus memiliki nama latin “Piper Cubeba L.” Dan banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Masyarakat banyak menambahkan kemukus sebagai salah satu bumbu perasa masakan khas.
Kemukus memiliki cita rasa pedas yang banyak mengandung manfaat. Selain sebagai bumbu masakan, kemukus juga ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Penyakit yang ampuh diusir menggunakan kemukus antara lain mual, masuk angin, masalah pencernaan, cegukan dan lain sebagainya. Selain segudang manfaat di dalam biji kemukus, tenyata juga memiliki harga yang fantastis.
Apalagi untuk kemukus kering, dapat mencapai harga 2x lipat dari harga kemukus basah.Hal ini diungkapkan oleh Kardi Dwi, Petani Kemukus yang sedang menjualnya di Pasar Leksono.
Hal tersebut dikarenakan kemukus akhir-akhir ini memang sudah jarang ditemukan.
Hanya petani tertentu saja yang masih mempertahankan pohon kemukus, dan bahkan jika menanam bibitnya sampai panen akan membutuhkan waktu bertahun-tahun.
Kemukus yang memiliki harga jual tinggi adalah kemukus yang sudah tua yaitu memiliki ciri warna hijau kemerahan dan tekstur bijinya sudah keras.
Kardi Dwi berharap, ingin terus membudidayakan kemukus dan mengembangkan tanaman tersebut agar dapat menjadi penghasilan sehari-hari.(ek)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pesona FM Wonosobo

Pesona FM Wonosobo

Current track
TITLE
ARTIST