CUNGKUP RECO BUKTI TOKOH BERPANGARUH PERNAH DATANGI DESA LERENG SINDORO

Written by on 16 October 2019

CUNGKUP RECO BUKTI TOKOH BERPANGARUH PERNAH DATANGI DESA LERENG SINDORO

Event budaya Ruwat Cungkup Reco yang beberapa lalu dihelat oleh warga dusun setempat, menyiratkan sejarah dibalik ruwat tersebut. Saat ditemui awak media, sesepuh desa Purwo Hartoyo membeberkan sejumlah cerita terkait cungkup tersebut.

Menurut Mbah Pur sapaan akrabnya, cungkup tersebut telah ada ribuan tahun lalu. Meski dengan bentuk yang berbeda dengan hari ini, cungkup masih ada karena telah direnovasi. Mbah Pur melanjutkan, dari informasi yang ia ketahui, cungkup tersebut menjadi saksi dimana beberapa tokoh kerajaan mengunjungi cungkup tersebut untuk bersembayang atupun beribadah. Mbah Pur menuturkan, ratu dari kerajaan Solo pun mengunjungi tempat tersebut dan menempatkan 2 orang sebagai penjaga yang digelari Kyai Reco Kuoso dengan Nyai Reco Kuoso yang merupakan pasangan suami istri.

Mbah pur melanjutkan, selain mereka, Raden Syahid dan Pangeran Sambernyawa juga pernah berkunjung ke tempat tersebut untuk menyepi. Karena tempat yang dimaksud benar-benar sepi dan asri, dengan kolam dan beringin serta beberapa arca berbentuk gamelan di kanan kirinya.

Saking asrinya dan terkesan angker pada jaman dahulu masyarakat yang melewati Cungkup Reco harus berjalan dengan tidak bergurau serta sopan sehingga apabila melanggar atau berbuat seenaknya. Bahkan banyak yang terkena getahnya jika melanggar beberapa pantangan. Mbah Pur melanjutkan, cungkup tersebut dahulu mempunyai pusaka, namun dicuri oleh orang yang tidak dikenal. Di desa yang mempunyai banyak agama atau multi agama tersebut, Cungkup Reco seolah menjadi magnet konsep Bhineka Tunggal Ika dan pengamalan Pancasila. Dimana pada perhelatan ruwat cungkup yang dilaksanakan pada Jumat 4 Oktober 2019 lalu, masyarakat berbaur menjadi 1 tidak memandang agama yang dianutnya untuk bersama menyukseskan acara ruwat. (Rob)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pesona FM Wonosobo

Pesona FM Wonosobo

Current track
TITLE
ARTIST