PUBLIC SERVICE CENTER, MEDIA ADUAN DAN SALURAN ASPIRASI MASYARAKAT

Written by on 16 October 2019

PUBLIC SERVICE CENTER, MEDIA ADUAN DAN SALURAN ASPIRASI MASYARAKAT

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonosobo sebagai garda penegak Perda mempunyai Public Servis Center atau PSC. Jika terjadi sesuatu hal yang meresahkan hingga hal yang berbahaya, masyarakat bisa langsung datang ke kantor pelayanan PSC. Layanan PSC berada di kantor Satpol PPkomplek Pendopo Kabupaten Wonosobo.

Seiring dengan perkembangan trend media sosial, Satpol PP kini melayani pengaduan masyarakat melalui whatsapp, sms dan telepon. Budi Pranoto selaku Sektretatis Satuan Polisi Pamong Praja saat ditemui di kantornya pada Senin 7 Oktober 2019 mengatakan, bahwa PSC sudah diresmikan sejak Maret 2019 . Pihaknya mengaku sudah banyak menerima pengaduan masyarakat. Layanan PSC juga beroperasi selama 24 jam sehingga dapat membantu dan mengatasi masalah penegakan Perda secara maksimal.

Aduan yang dilaporkan masyarakat biasanya lebih dominan mengenai keresahan terhadap keberadaan orang gila. Dan untuk menangani hal tersebut pihak Satpol PP bekerjasama dengan Dinas Sosial untuk penanganan lebih lanjut dan selanjutnya akan dilakukan pembinaan. Selain itu Satpol PP juga bekerjasama dengan daerah lain seperti Banjarnegara dan lainnya apabila terjadi keterkaitan pelanggaran. Bahkan pelanggaran seperti adanya waria juga ditangani dengan pendekatan dengan langkah yang tepat.

Tidak hanya sebagai tempat pengaduan, PSC juga menjadi saran informasi publik akurat. PSC juga tersedia alam bentuk web dan media sosial instagram. Tingginya antusias masyarakat sejak baru dibentuknya PSC, ada sekitar 70 pengaduan masyarakat pada rekapitulasi bulan pertama. (Eka)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pesona FM Wonosobo

Pesona FM Wonosobo

Current track
TITLE
ARTIST