SAMA DENGAN TUNTUTAN JPU, 7 TERDAKWA DIVONIS 10 DAN 11 TAHUN PENJARA

Written by on 13 December 2019

SAMA DENGAN TUNTUTAN JPU, 7 TERDAKWA DIVONIS 10 DAN 11 TAHUN PENJARA
Tujuh terdakwa dengan kasus pengeroyokan dan penganiayaan terhadap M Fadlun alias Tukul warga Dusun Kepirang Desa Dempel Kecamatan Kalibawang kembali menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Wonosobo pada Kamis 12 Desember 2019. Sidang lanjutan dengan agenda pembacaan vonis atau putusan hakim terhadap 7 terdakwa tertutup untuk umum, mendapat penjagaan ketat puluhan petugas kepolisian dari Polres Wonosobo.
Humas Pengadilan Negeri Wonosobo, Dwi Suryanta mengungkapkan, dalam putusannya majelis hakim menyatakan bahwa 7 terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana pengeroyokan terhadap korban Tukul. Hal tersebut sesuai dengan Pasal 170 ayat 2 angka 3 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana atau KUHP yaitu tindak pidana bersama-sama melakukan kekerasan atau pengeroyokan yang menyebabkan mati. Dengan demikian hakim menjatuhi hukuman bagi terdakwa Tekad selama 11 tahun penjara, sedangkan 6 temannya dijatuhi hukuman lebih ringan, yakni 10 tahun penjara.
Dwi menambahkan, perbedaan lama tuntutan tersebut karena terdakwa Tekad dianggap paling berperan saat melakukan pengeroyokan. Yakni dengan memukul memakai kayu hingga menyebabkan korban meninggal setelah dirawat di rumah sakit.
Sementara itu, Kepala Desa Dempel, Hartanto menyebutkan, pihaknya dan keluarga korban menyambut baik putusan hakim. Menurutnya, ketujuh terdakwa sudah mendapatkan hukum setimpal, sesuai dengan perbuatannya.
Hartanto juga mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada semua jajaran Polres Wonosobo dan Pengadilan Negeri Wonosobo. Karena tuntutan yang telah pihaknya ajukan sedikitpun tidak ada perubahan.(ris)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pesona FM Wonosobo

Pesona FM Wonosobo

Current track
TITLE
ARTIST