PEMBANGUNAN SELESAI, JALAN RAKAI-PANANGKARAN SUDAH BISA DILALUI

Written by on 15 December 2019

PEMBANGUNAN SELESAI, JALAN RAKAI-PANANGKARAN SUDAH BISA DILALUI


Pemerintah Wonosobo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang atau DPU PR Kabupaten Wonosobo, secara bertahap menyelesaikan sejumlah pembangunan jalan. Salah satunya jalan Rakai-Panangkaran yang pada akhir tahun ini sudah rampung digarap. Rencananya jalur tersebut akan digunakan sebagai jalur alternatif saat lonjakan libur Natal dan Tahun Baru.
Kepala DPU PR Kabupaten Wonosobo, Widi Purwanto mengatakan, pembangunan di sepanjang jalan Rakai Panangkaran yang menghubungkan Kecamatan Garung menuju Dieng juga hampir selesai pengerjaannya. Saat ini tinggal proses pembenahan jalan yakni dengan penyenderan pada tebing yang memang rawan longsor. Sementara untuk jalan sendiri sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, dengan estimasi waktu 5 bulan dan menghabiskan anggaran Rp 5 Milyar untuk pembangunan jalan sepanjang 1.2 km sudah beres. Meski begitu, DPU PR belum bisa membuka jalan Rakai Panangkaran untuk akses umum menjelang Natal dan Tahun Baru tahun 2020, karena secara prosedur kontrak masih ada masa pemeliharaan.
Widi mengungkapkan, jalan Rakai Panangkaran baru bisa digunakan untuk umum ketika terjadi emergency karena ruas utama Garung-Dieng mengalami kemacetan. Namun hal tersebut tidak diperbolehkan kendaraan untuk naik melewati jalur tersebut. Karena masih terlalu beresiko bagi pengendara. Melihat medannya berliku dan curam pihaknya menyarankan, boleh digunakan bagi kendaraan yang akan turun dari Dieng saja. Widi juga menyebut, rencananya jalan tersebut akan lebih memudahkan wisatawan saat hendak pulang dari Dieng. Sebab perjalanan dari Dieng ke Kota Wonosobo hanya berjarak sekitar 15 km jika melalui jalan Rakai Panangkaran. Sementara jika melewati jalan utama, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 23 km. Saat ini yang mendesak untuk diakukan di jalan Rakai Panangkaran adalah melakukan komunikasi ke pihak Dishub untuk memasang rambu dan pengaman jalan.(ris)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pesona FM Wonosobo

Pesona FM Wonosobo

Current track
TITLE
ARTIST