TEKAN PENYEBARAN COVID-19, PEMKAB WONOSOBO MULAI UJI COBA PENGENDALIAN MODE TRANSPORTASI

Written by on 4 May 2020

Guna menekan penyebaran covid-16 semakin meluas, Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan atau Disperkimhub Kabupaten Wonosobo telah menerbitkan peraturan tentang pegendalian moda transportasi yang rencananya akan diujicoba mulai Senin, 4 Mei 2020 hingga 7 Mei 2020. Pemberlakuan tersebut efektif mulai 8 Mei 2020 hingga 31 Mei 2020.

Dalam talkshaw yang digelar di LPPL Radio Pesona Wonosobo, Kepala Dinas Perkimhub Kabupaten Wonosobo, Bagyo Sarastono mengungkapkan, bahwa aturan pengendalian mode transportasi mulai diujicobakan mulai Senin, 4 Mei 2020. Jadi untuk kendaraan yang akan keluar-masuk Kabupaten Wonosobo dengan wajib membawa surat jalan dari Rt, Rw atau perusahaan tempat bekerja, melapor di Posko gugus tugas terdekat, serta melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker dan lain sebagainya.

Selain itu, konfigurasi dan jumlah penumpang pada kendaraan bermotor antara lain, untuk jenis kendaraan roda dua selektif berboncengan 2 orang, untuk mobil berkursi dua baris jumlah penumpang maksimal 3 orang, mobil berkursi 3 baris jumlah penumpang maksimal 4 orang dengan ketentuan 1 pengemudi di depan, 2 penumpang di baris ke dua, dan 1 penumpang di baris ketiga. Aturan tersebut diterapkan pada intinya untuk melakukan pengendalian transportasi dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, dengan tetap memenuhi kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi khususnya bagi yang tidak bisa melakukan pekerjaan dari rumah dan untuk pemenuhan kebutuhan logistic rumah tangga.

Bagyo berharap, masyarakat maupun pelaku perjalanan dapat menaati aturan yang telah ditetapkan, karena sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI nomor 25 tahun 2020 pasal 1 ayat 1, 2 dan 3. Jika masyarakat tidak menaati atau tidak mengindahkan aturan tersebut, petugas sesuai dengan kewenangan dapat memberikan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pesona FM Wonosobo

Pesona FM Wonosobo

Current track
TITLE
ARTIST