DAMPAK COVID-19, YAYASAN REHABILITASI SOSIAL ORANG KELAINAN JIWA BUTUH PERHATIAN KHUSUS

Written by on 21 May 2020

Pandemi Corona Virus Desease atau Covid-19 juga berdampak pada Yayasan Dzikrul Ghofilin Panti Rehabilitasi Sosial Orang Kelainan Jiwa yang bertempat Di Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. Yayasan yang mengasuh sekitar 140 pasien berkebutuhan khusus dari berbagai daerah tersebut, saat ini sedang membutuhkan bantuan dari donatur untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut lantaran sejak pandemi Covid-19, karena minimnya komunitas atau donatur yang berkunjung untuk memberikan bantuan.

Dalam talkshow Suara Disabilitas #5 LPPL Radio Pesona FM Wonosobo, Salah satu Pengurus Yayasan Dzikrul Ghofilin, Utiyah mengungkapkan, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, bantuan sembako atau lainnya sangat dibutuhkan. Ada sekitar 140 pasien jiwa yang perharinya dibutuhkan 50 kg beras untuk kebutuhan makan pasien, belum kebutuhan lauk pauk dan lainnya.

Sebelum terdampak pandemi, pihaknya mengandalkan pemasukan dari donatur. Namun karena pandemi ini dan peraturan penbatasan kunjungan, baik komunitas, donatur, atau keluarga tidak ada yang berkunjung.

Utiyah menyebut, selain membutuhkan bantuan material, para pasien juga membutuhkan dukungan moral. Kegiatan seperti refreshing ataupun jalan-jalan yang biasa dilakukan harus terhenti karena pandemi Covid-19.

Selain itu, anggota keluarga yang tidak pernah menjenguk otomatis juga akan mempengaruhi psikologis pasien, karena keluarga adalah support paling utama. Walaupun demikian, pihaknya tetap melakukan kegiatan positif seperti berjemur, ngobrol, dan kegiatan produktif lainnya. (Ris)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Pesona FM Wonosobo

Pesona FM Wonosobo

Current track
TITLE
ARTIST