SUARA DISABILITAS | MEMAHAMI DALAM SUNYI

Bertepatan dengan Hari Anak Sedunia yang diperingati setiap tanggal 20 November, tentunya ke depan seluruh anak di dunia bisa mendapatkan hak yang sama. Baik itu dalam bermain, pendidikan, dan lain sebagainya.

Tak lupa pula dengan anak berkebutuhan khusus yang harus kita anggap sama. Salah satunya untuk anak berkebutuhan khusus tunarungu.

Anak dengan hambatan pendengaran atau yang lebih dikenal dengan sebutan anak tunarungu (ATR) adalah anak yang memiliki keadaan kehilangan pendengaran yang meliputi seluruh lapisan, baik ringan, sedang, berat, dan sangat berat. Hambatan pendengaran bukanlah suatu penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan alat bantu dengar (ABD). Sehingga, meskipun sudah menggunakan ABD, anak tunarungu harus tetap menerima pendidikan khusus untuk dapat berkomunikasi dengan anak normal pada umumnya.

Menurut Dessy, salah satu pengajar sekolah untuk anak disabilitas DonBosco Wonosobo dalam gelaran Diskusi Suara Disabilitas dengan tema “Memahami Dalam Sunyi” bersama Radio Pesona beberapa hari lalu, mengatakan ada 3 penyebab utama anak mengalami gangguan tunarungu. Yaitu prenatal atau sebelum kelahiran, saat proses kelahiran, dan pasca kelahiran yang bisa disebabkan karena anak jatuh, demam tinggi, atau infeksi.

Dengan adanya hal tersebut untuk kedua faktor prenatal dan natal bisa diantisipasi saat ibu masih hamil dan menggunakan metode kelahiran atau memilih dokter yang tepat.
Sedangkan untuk faktor prenatal, bisa dicegah dengan selalu waspada dan mengawasi anak-anak kita. Namun tak hanya bagi anak, pencegahan tunarungu juga penting untuk semua usia, terutama ibu hamil.

Seperti dikutip dari detikhealt, cara yang pertama adalah dengan
menggunakan pelindung pendengaran, jika berada di lingkungan yang memiliki tingkat kebisingan tinggi gunakanlah pelindung pendengaran seperti penutup telinga serta berhati-hati saat menggunakan earphone.

Selanjutnya berikan waktu bagi telinga untuk beristirahat, semakin sering seseorang terpapar suara maka bisa mempengaruhi gangguan pendengaran, bahkan suara dengan volume rendah sekalipun jika terpapar dalam jangka waktu lama bisa jadi berbahaya. Terakhir periksa telinga secara teratur, tes pendengaran dan pemeriksaan telinga sebaiknya menjadi kegiatan kesehatan yang rutin, untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Pesona FM Wonosobo

Pesona FM Wonosobo

Current track
TITLE
ARTIST